Pepadi : Program Kongkrit Pepadi, Peningkatan SDM

0 134

Program peningkatan peningkatan kualitas terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Dalang, Pedinden, Pengrawit dan pengrajin wayang, bidang Diklat, konsulidasi organisasi dan program akan melaKukan Workshop, pelatihan kepada para seniman sesuai bidangnya masing-masing. Workshop akan menghadirkan Narasumber yang berkompeten di bidangnya dari kalangan seniman professional. Juga mencari solusi terhadap permasalahan yang di hadapi.

Misalnya, kelangkaan bahan wayang Kulit Kerbau, Gapit wayang dari Tanduk Kerbau Bule, Pepadi akan mencoba mempertemukan antara pembuat gapit dengan produsen Sunggu (bekerjasama dengan Kementrian Pertanian). Untuk peningkatan ketrampilan dengan mengundang narasumber dari kalangan Kampus untuk diajari bagai mana sastra yang benar, bagaimana cara ngeprak yang baik, bagaimana sabet yang baik, bagaimana mempelajari Sulukan yang benar dan lain sebagainya, begitu pula Sinden dan Pengrawit.

Perspektif wayang dan dalang di masa depan juga perlu dipikirkan bersama, karena tantangan global sudah di depan mata. Wayang akan bersinggungan dengan banyak hal termasuk dengan teknologi. Dalang juga dituntut kreatif dalam sajian pergelaranya, sehingga bisa selalu menjawab sesuai dengan tuntutan jaman. Teknologi bisa digunakan untuk promosi, juga bisa dipakai untuk sentuhan-sentuhan kecil dalam mengemas pergelaran wayang agar tetap diminati generasi muda, dengan tidak meninggalkan ke “adiluhungan” wayang. Dalang masuk dalam era industri kreatif saat ini, sangat menguntungkan dan juga menjadi tantangan tersendiri kepada dalang.

Source pepadi.id pepadi.id/siaran-pers-no-02-hm-pepadi-04-2018
Comments
Loading...