Perabot Wayang : Cempala, Instrumen (Alat) Penting

0 215

Cempala. Salah satu instrumen (alat) yang penting dalam pertunjukkan wayang yang digunakan oleh dalang untuk menghidupkan gerak wayang atau ginem (dialog) adalah cempala. Cempala adalah alat pemukul yang dipukulkan pada kotak wayang untuk menimbulkan efek suara tertentu sesuai dengan kebutuhan dalang. Cempala itu terbuat dari kayu galih asem atau kayu kemuning atau kayu sambi. Dalam pedalangan terdapat dua cempala yaitu cempala ageng dan cempala alit.

Cempala ageng digunakan untuk memukul kotak bagian atas dengan tangan kiri agar menimbulkan suara tertentu. Suara yang ditimbulkan itu dapat berfungsi sebagai signal atau sasmita kepada para musisi untuk meminta lagu atau gending. Dari lain pihak suara yang ditimbulkan dari kotak juga berfungsi untuk mengiringi adegan tokoh tertentu misalnya pada adegan tokoh terbang atau tokoh berjalan dan sebagainya. Sedangkan cempala alit (japit) untuk memukul kotak bagian bawah dengan kaki kanan dengan cara dijepit antara jari jempol dan jari telunjuk kaki kanan.

Suara yang ditimbulkan dapat berfungsi sebagai sinyal kepada musisi untuk perpindahan irama atau berfungsi untuk mengiringi gerak wayang berjalan. Bilamana mengiringi adegan perang maka cempala alit yang dijepit itu dipukulkan pada kepyak, sehingga dapat menguatkan gerakan wayang. Disamping itu dapat berfungsi untuk mengganti dhodhogan oleh karena kedua tangan dalang memegang wayang dan tidak.

Source bsd.pendidikan.idbsd.pendidikan.id bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...