Perabot Wayang : Kotak Wayang, Tempat Simpan

0 405

Kotak Wayang sebagai tempat menyimpan wayang yang akan dan selesai ditampilkan, serta berfungsi sebagai sumber bunyi bersama-sama dengan cempala dan atau keprak yang dimanipulasi oleh dalang sehingga menghasilkan bunyi dhodhogan atau keprakan. Kotak wayang pada umumnya dibuat dari kayu (kayu suren), dalam betuk pesegi panjang lengkap dengan tutupnya. Kotak ini ditempatkan di sebelah kiri dalang, sedangkan tutupnya diletakkan di sebelah kanan dalang.

Kotak ini merupakan satu rangkaian dengan keprak atau kecrek dan cempala. Keprak atau kecrek. dibuat dari logam perunggu, kuningan, atau monel) dengan ukuran standar, satu set keprak pada umumnya terdiri atas empat keping. Keprak itu digantungkan dibibir kotak sebeluh kanan (kiri dalang) tepat pada posisi telapak kaki dalang sebelah kanan ketika dalang duduk bersila. Keprak itu ditata sedemikian rupa, sehingga menghasilkan bunyi yang sesuai dengan selera dalang.

Kotak wayang juga untuk menyimpan boneka wayang yang terdiri dari wayang Mahabarata dan wayang Ramayana, dan satu kothak berisi ± 200 boneka wayang, sedangkan bagi dalang yang kaya satu kothak wayang berisi ± 300 boneka wayang. Ketika pergelaran wayang boneka, wayang yang berada di dalam kotak dikeluarkan dan sebagian disimping di kanan dan kiri yang disebut wayang simpingan, dan sebagian diletakan diatas tutup kothak yang diletakkan di kanan dalang, dan sebagian lagi berada di kotak.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_10smk/Kelas_10_SMK_Pengetahuan_Pedalangan_2.pdf
Comments
Loading...