Properti Wayang : Gamelan, Lahir Saat Hindu-Budha

0 46

Gamelan bukanlah sesuatu yang asing dalam kehidupan kesehariannya. Dengan kata lain, masyarakat tahu benar mana yang disebut gamelan atau seperangkat gamelan. Mereka telah mengenal istilah gamelan. Namun barangkali masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sejarah perkembangan gamelan itu sendiri. Gamelan diperkirakan lahir pada saat budaya luar dari Hindu–Budha  (sic) mendominasi Indonesia. Walaupun pada perkembangannya ada perbedaan dengan musik India, tetapi ada beberapa ciri yang tidak hilang, salah satunya adalah cara “menyanyikan” lagunya.

Penyanyi pria biasa disebut sebagai wiraswara dan penyanyi wanita disebut waranggana. Gamelan adalah seperangkat alat musik yang digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan. Gamelan berasal dari kata nggamel (dalam bahasa jawa)/gamel yang berarti memukul/menabuh, diikuti akhiran “an” yang menjadikannya sebagai kata benda. Sedangkan istilah gamelan mempunyai arti sebagai satu kesatuan alat musik yang dimainkan bersama. Gamelan merupakan satu kesatuan utuh berbagai unsur alat musik yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

Gamelan juga merupakan alat musik yang biasa dipakai dalam pertunjukan wayang JawaGamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya/alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama . Gamelan adalah musik yang tercipta dari paduan bunyi gong, kenong dan alat musik Jawa lainnya. Irama musik lemah lembut.

Source wayanggokil.blogspot.co.id wayanggokil.blogspot.co.id/2012/03/kelengkapan-dalam-pagelaran-wayang.html
Comments
Loading...