Properti Wayang : Kelir, Kain Putih dengan Garis Hitam

0 458

Kelir adalah kain putih dengan garis warna hitam atau merah yang dibentangkan sedemikian rupa berwarna putih, terbuat dari kain mori putih. Di pinggirnya terdapat ornament ukiran berwarna merah. Sementara sebagai pigura berupa ukiran kayu berwarna emas menyala yang menutupi pinggiran kelir. Dalam satu kelir ditancapkan banyak wayang dalam sebatang gedebog pisang panjang. Sementara itu di sisi kanan dan kirinya terdapat 2 kelompok besar wayang beraneka bentuk yang dijejer rapi sedemikian rupa mulai dari ujung yang berukuran besar hingga makin ke kiri berukuran kecil.

Untuk bagian kanan sang dalang terdiri atas wayang yang bermuka hitam, dengan perawakan kurus menyimbolkan tokoh-tokoh yang berlakon kebaikan. Kemudian di sebelah kiri sang dalang terdiri dari wayang yang bermuka merah menyala dengan perawakan besar, bertaring, mata besar dan menyimbolkan tokoh-tokoh yang berlakon keburukan atau jahat. Kedua kelompok wayang tadi dipisahkan dan dibatasi oleh gunungan yang berjumlah  4 buah masing-masing berada pada sisi kiri dan kanan.

Di antara gunungan tadi terdapat area kosong tempat lakon wayang dimainkan. Sementara itu di ujung pigura pengapit kelir tadi terdapat 4 buah bonggol jagung dan 2 ikat batang padi, entah apa maksud di balik simbolisasi tersebut.

Source instagram.com instagram.com/p/BeKMoAml9Ap/?hl=id&taken-by=wayangheritage
Comments
Loading...