wayangku.id

Properti Wayang : Pengrawit (Wiyaga), dari Kata Rawit

0 73

Pengrawit dari kata rawit, yang berarti rumit, atau yang berhubungan dengan hal-hal halus, lembut. Pengrawit memang berhubungan dengan hal-hal rumit, misalnya harus menghafal ratusan gending yang berbentuk not-not angka di luar kepala dan menyajikannya dengan garap yang benar. Bahkan pengrawit yang mumpuni terhadap garap ratusan bahkan ribuan gending, disebut Empu. Empu karawitan ini biasanya abdi dalem pengrawit keraton yang memang ahli di bidangnya.

Dimasa lalu nama-nama seperti Mloyo Widodo adalah empu karawitan yang banyak cantrik-nya, dan menjadi panutan atau menjadi nara sumber garap gending-gending kuna yang sudah jarang di tabuh atau dibunyikan oleh generasi dibawahnya. Pengrawit juga sering disebut nayaga atau Yogo. Yogo sendiri menurut Ki Mujoko Joko Raharjo (alhm) dalang terkenal dari Klaten, menyebutkan berasal dari kata wiyoga yang berarti semedi atau meditasi.

Seorang Nayoga bila sedang menabuh gamelan biasanya dengan konsentrasi penuh untuk memberi ruh terhadap gending yang sedang ia mainkan. Keseriusan dalam menabuh gamelan ibarat orang semadi / meditasi, dimana bila rusak tabuhannya ibaratnya gagal sembahnya terhadap yang Maha Kuasa. Pengrawit adalah sekumpulan orang yang memainkan alat musik gamelan dimana setiap orang memainkan instrumen yang berbeda. Setiap orang memiliki cara menabuh sendiri-sendiri yang disesuaikan dengan setiap instrumen yang digunakan, bunyi yang dihasilkan setiap pengrawit ketika memainkan alat musik.

Source nanikrifa.blogspot.co.id nanikrifa.blogspot.co.id/2014/12/pengrawit-1.html
Comments
Loading...