Proses Wayang : Cara Pembuatan Wayang Suket?

0 266

Pernah tahu wayang suket? Wayang yang dibuat menggunakan suket atau ilalang. Iya, umumnya wayang dibuat menggunakan kulit kambing atau kulit sapi, tapi yang ini menggunakan bahan suket. Bagaimana cara membuat wayang pakai suket? Dutakola (Pemandu Wisata Kota Lama) mengenalkan pembuatan wayang suket dari suket mendong sejak tahun 2017.

Selain menyajikan jasa memandu para wisatawan kami juga mengenalkan kearifan budaya, kami menawarkan cara membuat wayang suket dan batik

tutur staf Dutakola, Tri Astuti. Sehari-hari Dutaloka berkantor di Jalan Taman Sri Gunting Kota Lama. Selama Festival Kota Lama Semarang, stan dutaloka dikunjungi berbagai kalangan, baik luar maupun dalam negeri. Bermacam-macam karakter wayang suket dibuat antara lain anoman, rahwana, gareng, dan lainnya. Setiap wayang memiliki karakteristik tersendiri. Seperti anoman, dalam karakter wayang suket ia memiliki ekor.

Ya ini ciri untuk membedakan anoman dengan karakter lain. Untuk Dewi Sri ada rambut dari padi, karena ini menunjukkkan jika Dewi Sri adalah Dewi Padi,” jelasnya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam lebih lanjut mengenai pembuatan wayang suket ini bisa follow instagtam @dutakola.smg.

Source Tribun jateng.tribunnews.com/2018/09/23/pengin-tahu-cara-pembuatan-wayang-suket-kunjungi-dutakola
Comments
Loading...