Proses Wayang : Proses Tatah Wayang, Setelah Sketsa

0 294

Diperlukan konsentrasi dan keterampilan serta rasa seni yang tinggi dalam tahap ini. Namun sebelum proses tatah, lembaran kulit yang telah disiapkan dibuat sketsa wayang yang akan dibuat. Proses ini disebut Nyorek (corek). Peralatan Yang Digunakan :

  • Pandukan, yaitu landasan tatah yang terbuat dari kayu samba, kayu trenggulun atau kayu sawo.
  • Tindih yaitu logam seberat sekitar 2,5 Kg, biasanya terbuat dari kuningan, namun terkadang juga ada yang terbuat dari besi. Tindih berfungsi untuk menekan atau memberati wayang kulit yang sedang ditatah. Sehingga kulit tidak bergeser kesana kemari sehingga hasilnya pun bagus.
  • Tatah merupakan alat yang paling penting dalam proses tatah wayang kulit. Setidaknya harus tersedia 10 macam tatah dalam pembuatan wayang kulit ini. Namun pada dasarnya tatah bisa dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu tatah lantas atau tatah lugas, yakni tatah yang mata tatahnya berupa garis lurus, dan tatah kuku yang mata tatahnya berupa lengkungan.
  • Ganden yaitu semacam palu besar yang terbuat dari kayu (biasanya dari kayu asem atau sawo).

Selain peralatan utama di atas, ada beberapa peralatan tambahan yang digunakan diantaranya adalah jangka, paku corekan, pensil, mistar atau penggaris, penghapus dan batu asahan.

Source blog.hadisukirno.co.id blog.hadisukirno.co.id/proses-pembuatan-wayang-kulit-bag-i
Comments
Loading...