Pusaka Wayang : Aji Mundri, untuk Mencoba Jembatan

0 374

“Aji Mundri” milik Anoman, Aji Mundri tersebut dipergunakan oleh Anoman untuk mencoba jembatan udara yang dibangun oleh Wibisana dalam lakon “Rama Tambak”. Karena aji Mundri-nya, jembatan tersebut hancur ketika di “genjot” oleh Anoman. Di samping itu, karena kesaktiannya, Anoman juga dapat mendarat di matahari dan melakukan perjalanan Alengka – Maliawan kurang dari setengah hari, apakah artinya itu? Anoman sebagai seorang panglima dan duta itu sebetulnya melambangkan duta putih utusan suci dari Sri Rama, oleh karenanya Anoman lalu diberi nama Ramadayapati.

Artinya, bahwa Anoman itu adalah puncak daya kekuatan (batin) dari Sri Rama. Sedangkan Rama adalah Wisnu, dan Wisnu adalah kebenaran Sejati. sedang Kebenaran Sejati adalah Yang Maha Kuasa dan Maha Suci. Utusan Yang Maha Suci adalah Insan Kamil, Insan Kamil adalah insan yang telah mendapat anugerah dan wahyu Illahi. Pendek kata Anoman Duta Sri Rama adalah lambang utusan suci dari Kebenaran. Manusia biasa tidak mungkin menjadi Insan Kamil, paling “banter” hanya dapat menjadi manusia yang waskita atau filsuf agung, seperti halnya Jayabaya dan Ranggarwarsita.

Orang yang sudah suci seperti putihnya Anoman itu akan menjadi awas, bukan awasnya matanya, tetapi awasnya hati nurani/batin. Betapapun tajam mata melihatnya kalau sudah terhalang oleh selembar daun saja tak mungkin mata dapat melihatnya. Namun sebaliknya penglihatan.

Source wayangindonesia.web.id wayang.wordpress.com/2010/03/06/anoman-kera-putih-yang-memiliki-ajimundri-jaya-kawijayan-dan-okultisme
Comments
Loading...