Pusaka Wayang : Ajian Berupa Gineng Sokaweda

0 253

Nama Senjata : Gineng Sokaweda
Bentuk            : ajian berupa rajah
Pemilik           : Prabu Niwatakawaca
Keampuhan    : membuat dirinya kebal dari senjata
Kisah              : senjata ini atas pemberian Batara Guru karena keteguhan Prabu Niwatakawaca dalam bertapa. Namun setelah memiliki senjata tersebut, ia menjadi takabur dan bahkan menyerang khayangan karena merasa dirinya kebal dari senjata apapun. Akhirnya ia tewas ditangan Arjuna yang mengetahui ajian rajah tersebut tersimpan dalam langit-langitnya. Panah Pasopati milik Arjuna menembus mulut dan menewaskan raja raksasa dari negara Ima-imataka itu

Batara Guru sangat memperhatikan tapa Raden Nirbita yang sangat tekun itu, sehingga ia akhirnya berkenan memberikan kesaktian kepada ksatria raksasa itu yang disebut aji Gineng Soka Weda. Dengan kesaktiannya itu irbita berhasil menduduki tahta kerajaan Imantaka atau Imaimantaka. Dengan aji Gineng Soka Weda tersebut Nirbita yang kemudian bernama Prabu Niwatakawaca tidak dapat mati. Tetapi Batara Guru pernah memesan padanya agar ia selalu berhati-hati dan waspada terhadap seorang manusia yang sangat sakti.

Ternyata sang prabu setelah hidup mukti dan sakti lupa akan pesan Hyang Guru tersebut. Ia bahkan tidak percaya akan peringatan Hyang Guru tersebut. Ia lupa diri dan nekad meminang bidadari Dewi Supraba dan akan menghancurkan Suralaya kalu pinangannya ditolak. Padahal ia sudah memiliki seorang permaisuri cantik bernama Dewi Prabasini. Batara Endra berkata batin.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...