Pusaka Wayang : Bargawastra, Pusaka Jamadagni

0 585

Nama Senjata : Bargawastra
Bentuk            : panah besar yang membutuhkan busur besar
Pemilik           : Resi Jaumadagni / Rama Bhargawa
Keampuhan    : mampu memporak-porandakan lawan yang banyak sekali dilepaskan
Kisah              : sang resi pengembara ini juga memiliki sebuah kapak ampuh yang bernama Parasurama yang bisa dilemparkan ke lawan akan kembali ke pemiliknya

Bima, ksatria yang berkumis dan berjenggol itu juga memiliki anak panah pusaka bernama Bargawastra yang besar sekali ukurannya. Anak panah itu dapat digunakan berkali-kali karena Bargawastra selalu akan kembali pada pemiliknya setelah mengenai sasarannya. Watak Bima yang lugas, jujur. tidak pandang bulu, dan tegas. sebenarnya sering bertentangan dengan Yudistira. Bima menganggap kakak sulungnya itu sering bersikap terlalu nrima, terlalu pemaaf.

Terlalu lama mengamhil keputusan. la juga membenci kebiasaan Yudistira yang dinilai suka berjudi. Waktu menyaksikan penistaan para Kurawa terhadap Dewi Drupadi, selain mengutuk Dursasana, Bima juga hendak mengumpat abangnya — yang dinilai bertanggung jawah terhadap kesengsaraan itu. Namun niatnya ini dicegah Arjuna yang sadar bahwa di hadapan para Kurawa, mereka tidak boleh tampak bertengkar. Ketegasan sikap Bima juga tercermin latkala Prabu Kresna memastikan kcteguhan sikap para Pandawa. Waktu itu dengan tcgas Bima menjawab: “Jika negara Astina tidak diserahkan, kita harus berperang! Baratayuda harus menjadi kenyataan.” Padahal ketika itu. pertanyaan yang sama dijawab Puntadewa dengan nada keengganan.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-1.html
Comments
Loading...