Pusaka Wayang : Cupu Manik Astagina (Piala Kecil)

0 666

Nama Senjata : Cupu Manik Astagina
Bentuk            : piala kecil
Pemilik           : Batara Surya
Keampuhan    : yang di dalamnya bisa dilihat isi dunia, bintang, langit dan alam semesta
Kisah             : Cupu ini diberikan sebagai hadiah kepada Dewi Windradi, kekasih Batara Surya yang telah memiliki suami yang bernama Resi Gotama dan tiga orang anak. Suatu ketika hadiah rahasia tersebut menjadi rebutan anak-anaknya dan ketahuan oleh suaminya sehingga cupu tersebut dibuang lalu berubah mejadi telaga. Dan anaknya yang berebut tersebut berubah menjadi monyet

Cupu Manik Astagina merupakan pusaka ampuh untuk melihat, meramal peta politik masa lalu maupun masa depan. Cupu adalah wadah bundaran kecil dari logam, sedangkan manik, permata merupakan lambang keindahan, hadiah Bathara Surya, diberikan anaknya Dewi Anjani, menimbulkan iri hati Subali dan Sugriwa. Solusinya Cupu pusaka dilempar Resi Gotama, jatuh di dasar telaga Mandirda/Nirmala sinarnya berkilau di permukaan, Sugriwa dan Subali menyelami, ketika muncul tanpa hasil masing-masing melihat wajah kera.

Dewi Anjani bersama pengiringnya menyusul membasuh wajahnya dengan air telaga,  keduanya berubah berwajah kera. Untuk menebus dosa (ruwat) Subali bertapa ngalong, Sugriwa bertapa ngidang dan Dewi Anjani bertapa cantaka (katak) bertelanjang dan mengapung di permukaan telaga. Hal ini menimbulkan pesona Bathara Guru, Dewi Anjani melahirkan kera berbulu putih, Anoman yang menemukan Cupu itu amat sakti.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...