Pusaka Wayang : Gada Glinggang, Arya Jayadrata

0 347

Nama Senjata : Glinggang
Bentuk            : Gada
Pemilik           : Arya Jayadrata
Keampuhan    : Besi yang sangat kuat, tak akan patah jika diadu dan mampu meremukkan tulang lawannya
Kisah              : Senjata ini merupakan warisan dari Prabu Sinduraja, ayah angkatnya, raja negara Banakeling. Ia juga mempunyai senjata gada lainnya yang bernama kyai Rujak Beling. Jika hanya tergores saja, lawan akan terluka dan menimbulkan racun yang mematikan.

Sebuah senjata yang berbentuk seperti gada tapi terlalu kecil untuk disebut gada, panjang gada itu hanya sekitar dua jengkal, dan lingkar sebesar lengan orang dewasa. Inilah senjata sakti milik Jayadrata, bernama Kyai Glinggang. Bersamaan dengan mendekatnya Jayadrata, Abimanyu sudah terlalu lemah berdiri pada kedua kakinya. Terjatuh pada posisi terlutut, tertunduk dengan kedua tangannya menumpu ke depan. Anak panah – anak panah yang menancap di tubuhnya ikut menahan tubuhnya sehingga tidak sampai roboh.

Tanpa ragu Jayadrata mengayunkan Kyai Glinggang ke arah kepala Abimanyu. Seketika itu juga darah segar muncrat dari kepala dan roboh. Abimanyu tewas pada posisi terbaring tanpa menyentuh tanah, karena tubuhnya tertahan oleh belasan anak panah itu. Tragis memang yang dialami Abimanyu. Apa yang terlihat seperti Jayadrata tidak memiliki hati, dengan dingin dia mengakhiri hidup Abimanyu. Tapi bagi Jayadrata, dia berfikir bahwa pilihan itulah yang terbaik bagi Abimanyu, untuk mengakhiri penderitaannya.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_11/Pedalangan_Jilid_2_Kelas_11_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...