Pusaka Wayang : Gada Kyai Glinggang Jayadrata

0 270

Nama Senjata : Glinggang
Bentuk            : gada
Pemilik           : arya Jayadrata
Keampuhan    : besi yang sangat kuat, tak akan patah jika diadu dan mampu meremukan tulang lawannya
Kisah         : senjata ini merupakan warisan dari Prabu Sinduraja, ayah angkatnya, raja negara Banakeling. Ia juga mempunyai senjata gada lainnya yang bernama kyai Rujak Beling, jika hanya tergores saja, lawan akan terluka dan menimbulkan racun yang mematikan

Jayadrata mempunyai sifat perwatakan; berani, penuh kesungguhan dan setia. Ia mahir mempergunakan panah dan sangat ahli bermain gada. Oleh Resi Sapwani ia diberi pusaka gada bernama Kyai Glinggang. Sebagai prajurit dia mempunyai cela yaitu  ketika  perang Bharatayuda ia telah melanggar etika perang. Dia membunuh lawan yang sudah tidak berdaya. Memukul kepala Abimanyu ketika Abimanyu sudah tidak mampu melawan karena banyaknya senjata yang tertancap di tubuhnya.

Kematian Abimanyu membuat Arjuna murka. Ia bersumpah sebelum matahari tenggelam akan membalas kematian anaknya dengan membunuh Jayajrata, Jika ia gagal Arjuna  akan bunuh diri. Mendengar sumpah itu Jayajrata bersembunyi di puncak beteng, menunggu matahari tenggelam. Kresna bersiasat, menutup matahari dengan cakranya. Hari seperti telah malam, Jayajrata menjulurkan kepalanya dari jendela, ingin menyaksikan Arjuna bunuh diri. Ketika itu kepalanya terpangkas lepas dari badannya oleh panah sakti Arjuna.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...