Pusaka Wayang : Kalanadah, Kandung Racun Mati

0 640

Nama Senjata : Kalanadah
Bentuk            : keris
Pemilik           : Arjuna
Keampuhan    : Mengandung racun yang mematikan
Kisah              : Taring Batara Kala dipotong oleh Batara Wisnu agar ia tak rakus memakan manusia. Kemudian kedua taring tersebut oleh Batara Wisnu di ubah menjadi sebilah keris. Keris tersebut kemudian turun menjadi milik Arjuna. Keris Kalanadah musnah dalam perang Bharatayuda ketika diadu dengan keris Kaladete milik Adipati Karna sebagai pasangannya

Taring kanan menjadi keris Kyai Kalanadah dan yang kiri menjadi Kyai Kaladita. Dan raksasa itupun  kemudian diakuinya sebagai anak, dan diberi nama Batara Kala. Karena sifat aslinya adalah raksasa, maka rakusnya melebihi penghuni kahyangan lainnya. Hal ini juga meresahaklan sanghyang Manikmaya, hingga suatu saat diutuslah Hyang Jagadnata untuk member peraturan makanan apa saja yang diperbolehkan untuk dimakan oleh Batara Kala. Yaitu orang “sukerta” yaitu orang yang mempunyai kesalahan besar dalam hidupnya, dan orang “aradan”, yaitu orang yang lalai dalam kehidupannya.

Oleh Sangyang Manikmaya, dahi Batara Kala diberinya tulisan rajah kalacakra,yaitu “sastrabedhati” dimaan setiap orang yang dapat membaca rajah tersebut, terlepaslah dia dari mangsa Batara kala. Karena orangf tersebut adalah orang yang tak boleh dimangsa oleh Batar Kala. Peraturan itu, membuat Batara Narada terusik. Hakl ini karena sangat banyak manusia di arcapada yang termasuk orang “sukerta” dan “aradan”. Aturan diterapkan.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...