Pusaka Wayang : Keris Cundamanik Milik Resi Drona

0 637

Nama Senjata :  Cundamanik
Bentuk :  keris
Pemilik : Resi Dorna
Keampuhan : jika dilepaskan akan memburu musuh dan akan kembali ketika musuh telah tewas

Dikisahkan : Senjata andalan guru besar Astina dalam ilmu keprajuritan dan memanah ini selanjutnya  diwariskan kepada Aswatama, anaknya yang dipakai untuk membunuh satu persatu kerabat Pandawa setelah Perang Bharatayuda. Dorna menyudahi perlawanan Wratsangka dengan pusaka Cundamanik miliknya. “Wratsangka gugur…”teriak para prajurit Kurawa untuk membangkitkan semangat temannya. Mendengar teriakan tersebut, Raden Utara yang sedang bertempur melawan Prabu Salya mengamuk.

Sabetan gada milik Utara meremukkan kereta Prabu Salya. Kuda beserta kusirnya, Patih Mandaraka Tuhayata ikut tewas tertebas gada Raden Utara. Arya Rukmarata berusaha melindungi ayahnya, Prabu Salya, dari gempuran Raden Utara. Tapi ini tidak berlangsung lama, Rukmarata tewas terkena panah Resi Seta yang menghindari peperangan melawan Bhisma. Melihat putranya tewas, Prabu Salya marah. Dirapalnya ajian Candrabirawa pemberian Resi Bagaspati, sang mertua.

Nampak raksasa bajang keluar dari tubuh Prabu Salya dan menyerang Utara. Raden Utara menebaskan gadanya, bukannya mati, raksasa itu malah berlipat ganda ketika ada bagian tubuh yang terluka akibat gada Utara. Jumlahnya semakin banyak, membuat Raden Utara kewalahan. Ketika lengah, Prabu Salya segera melepaskan panah Kyai Candrapati ke dada Utara. Raden Utara gugur. Senja menjelang, dan hari pertama pertempuran berakhir sangkakala.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...