Pusaka Wayang : Keris Panjang Besar Nama Kyai Barla

0 356

Dursasana, dengan keris bernama kyai Barla, sebuah keris besar dan panjang. Dengan persenjataan yang tidak terlalu banyak itu, Prabu Suyudana merasa prihatin. Karena persenjataannya lebih banyak di miliki Pandawa dari pada yang dimiliki Kurawa. Maka Prabu Suyudana  sangat mengharap Prabu Salya, mertuanya dan Prabu Baladewa kakak iparnya bisa bergabung dalam perang Baratayudha. Prabu Salya memiliki Aji Candrabirawa, dan Prabu Baladewa, memiliki pusaka Kyai Nanggala dan Alugara.

Prabu Salya sebenarnya mau bergabung dengan Pandawa, namun dengan tipu daya Para Kurawa, Prabu Salya terpaksa bergabung dengan Kurawa, terlebih lebih semua menantunya adalah pendukung Kurawa. Sedangkan Prabu Baladewa, adalah pendukung Kurawa. Andaikata Prabu Baladewa bergabung dengan Kurawa, maka tidak ada satupun Pandawa yang bisa mengalahkannya. Melihat keadaan itu, maka Prabu Kresna mencari akal, agar hal tersebut tidak terjadi.

Maka dimintanya Gareng untuk menantang berkelahi kepada Prabu Baladewa. Prabu Baladewa menjadi marah ketika Gareng menantang berkelahi dengan Prabu Bakladewa. Disaat itulah Prabu Baladewa lengah, ia melemparkan pusaka Nenggala ke arah Gareng, Gareng lari menyelamatkan diri, Pusaka Nenggala tidak mengenai Gareng, tetapi mengenai bumii. Sehingga bumi berteriak mengutuk Prabu Baladewa. Sebenernya bukan bumi yang berteriak, tetap Gareng, salah satu punakawan yang di suruh Prabu Kresna berbuat demikian. Prabu Baladewa ketakutan, Prabu Kresna menyarankan agar bertapa.

Source mengenal100kurawa.blogspot.co.id mengenal100kurawa.blogspot.co.id/2010/06/wayang-wayang-mengenal-100-kurawa_24.html
Comments
Loading...