Pusaka Wayang : Kulit Keras Sengkuni, Kebal Senjata

0 234

Sengkuni juga figur amoral. Ketika Begawan Abiyasa membagi Minyak Tala yang membuat kulit menjadi kebal, para Korawa tidak mau antri dan berdesak-desakan sehingga Begawan Abyasa dan Dewi Kunti pingsan. Sengkuni mendapat kesempatan sambil berdesak-desakan menyingkap kemben (kain penutup dada) Dewi Kunti. Setelah sadar Dewi Kunti mengutuk, dia tidak akan memakai kemben lagi kecuali yang dibuat dari kulit Sengkuni dan mulai saat itu Dewi Kunti memakai jubah bekas dari Begawan Abyasa.

Sengkuni juga pernah meracun Bhima dan kemudian bersama Korawa menceburkan Bhima ke Sumur Jalatundha yang banyak binatang berbisa. Akan tetapi ternyata gigitan binatang-binatang berbisa tersebut malah menawarkan racun Bhima sehingga Bhima bertambah kuat. Kemudian Sengkuni juga pernah mengatur rekayasa permainan dadu sehingga Pandawa kalah dan Drupadi istri Pandawa dipermalukan dan Pandawa diasingkan selama 12 tahun. Sang Istri: Nampaknya figur Sengkuni sudah mewabah di tengah bangsa.

Seorang pejabat yang sangat benci terhadap saingannya adalah figur Sengkuni. Seseorang yang menjatuhkan orang lain agar dia mendapat menduduki posisinya juga adalah figur Sengkuni. Termasuk mereka yang suka berdesak-desakan di Bis Kota dan menyentuh perempuan sudah kerasukan karakter Sengkuni. Kemudian, seseorang yang membuat skenario rekayasa untuk menjatuhkan orang lain termasuk dalam figur Sengkuni. Sengkuni zaman sekarang tidak harus kurus kecil dan cacat, penampilannya bisa bak artis.

Source kompasiana.com kompasiana.com/triwidodo/figur-duryudana-burisrawa-drestarasta-dan-sengkuni-di-tengah-tengah-bangsa_5500b3ed813311cb60fa7f27
Comments
Loading...