Pusaka Wayang : Kuncup Cangkok Wijayakusuma

0 894

Nama Senjata : Cangkok Wijayakusuma
Bentuk            : kuncup bunga
Pemilik           : Sri Kresna
Keampuhan   : dapat menghidupkan kembali orang yang sudah mati yang disebabkan kecelkaan yang belum ditulis dalam takdir kematiannya
Kisah             : Senjata ini akan muncul dari kedua tangan Kresna bila diamalkan

Di dalam cerita pewayangan kembang Wijayakusuma, adalah Azimat atau senjata ampuh Sri Bathara Kresna putra panengah Prabu basudewa dari kerajaan Mandura. Kresna adalah raja yang bijaksana dari negara Dwarawati. Kembang Wijayakusuma tersebut digunakan untuk membantu para putra Pandawa setiap kali terdesak. Wijaya Kusuma berasal dari dua kata Jawa. Wijaya berarti “menang”, dan Kusuma berarti “bunga”. Secara sederhana bisa diartikan sebagai bunga kemenangan.

Di dalam cerita rakyat Sri Bhatara Kresna yang di dalam dunia pewayangan dianggap titisan Sang Hyang, yang “muksa (bhs.Jawa) =mati ngilang” / mati menghilang. Sri Bhatara Kresna membuang kembang Wijayakusuma ke laut atau samudera dekat  pulau nusakambangan. Kembang tersebut dibuang bersamaan dengan “kendaga” atau tempatnya (pot). Tutup kendaga yang wujudnya bundar tersebut menjelma menjadi pulau Majeti, dan alas bagian bawahnya menjadi pulau Bandung. Dua pulau tersebut terletak dekat dengan pulau Nusakambangan. Konon katanya di pulau Bandung tersebut adanya kembang Wijayakusuma.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...