Pusaka Wayang : Kunta, Senjata yang Paling Sakti

0 530

Senjata Kunta adalah senjata paling sakti. Tak ada yang menandingi. Senjata yang sudah dipersiapkan dewata untuk dipergunakan dalam perang Bharatayuda oleh satria pilihan dewa-dewa dalam mengalahkan seluruh musuh-musuhnya. Senjata Kunta adalah senjata pusaka dari dewa yang paling sakti. Tak ada yang melebihi. Hanya akan digunakan bila musuh tidak dapat ditumbangkan dengan senjata pusaka yang lain. Bila semua senjata pusaka sudah digunakan dan lawan tetap tegak berdiri, maka senjata Kunta baru akan dikeluarkan.

Senjata terakhir, senjata pamungkas. Senjata Kunta siap diturunkan dari langit khayangan para dewa kepada satria pilihan. Arjuna telah bertapa di gunung Himalaya sesuai petunjuk Krishna untuk menerima senjata pamungkas dari para dewa. Klimaks tapa sang Arjuna mengguncangkan jagad raya, bumi dan langit hingga menembus alam khayangan para dewa. Merasakan ini Ketua para dewa segera menugaskan Bathara Narada untuk membawa turun pusaka Kunta dan memberikannya kepada Arjuna.

Sayang, dewa juga seperti  manusia tempatnya salah dan lupa. Dewa Narada begitu bersemangat untuk memberikan pusaka ini kepada satria pilihan pujaan langit dan bumi dan lupa memakai kacamatanya. Padahal atmosfer bumi memiliki densiti yang berbeda dan pandangan matanya jadi seperti penglihatan orang yang matanya minus lima. Dewa Narada tidak tahu di Himalaya juga bertapa untuk merebut senjata pusaka pamungkas dari para dewa.

Source kompasiana.com kompasiana.com/mikha/senjata-kunta-sudah-dilepaskan_54f6dad2a33311d6138b4807
Comments
Loading...