Pusaka Wayang : Panah Sakti Guna Wijaya Rama

0 1.063

Nama Senjata : Guna Wijaya
Bentuk            : panah sakti
Pemilik           : Sri Rama Wijaya pemberian dari Batara Guru yang maha dahsyat
Keampuhan    : jika dilepaskan ke laut, panah tersebut dapat mengeringkan air samudra
Kisah              : panah ini pernah digunakan Arjuna ketika hendak menyeberang laut ke Alengka, namun diurungkan berkat nasehat Batara Baruna, sang penguasa laut yang tidak tega bila melihat makhluk yang ada di dalam laut mati semua. Panah ini juga berhasil membunuh Dasamuka / Rahwana, raksasa angkara murka.

Seluruh kesaktian Rahwana ditumpahkan dalam perkelahian itu, namun tidak dapat menandingi kesaktian Rama. Ia gugur oleh panah Gunawijaya yang dilepaskan Rama. Melihat kekalahan kakaknya, Wibisana segera bersujud di kaki jasad kakaknya dan menangis penuh kesedihan. Demikian antara lain diungkap. Rama menghibur Wibisana dengan memuji keutamaan Rahwana yang dengan gagah berani sebagai seorang raja yang gugur di medan perang bersama balatentaranya.

Oleh Rama, Raden Wibisana diangkat menjadi Raja Alengka menggantikan Rahwana. Rama berpesan agar menjadi raja yang bijaksana mengikuti delapan sifat dewa yaitu Indra, Yama, Surya, Bayu, Kuwera, Brama, Candra, dan Baruna. Itulah yang disebut dengan Hastabrata, seperti yang juga dilansir dalam beberapa serat Jawa. Masing-masing ajaran sebagaimana terdapat dalam Serat Rama Jarwa Macapat, itisruti, dan Ramayana Kakawin Jawa Kuna disebut-sebut satu persatu dewa dengan segala keunikan dewa.

Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...