Pusaka Wayang : Senjata Gada Ganda Wesikuning

0 440

Nama Senjata : Ganda Wesikuning
Bentuk            : senjata gada
Pemilik           : Arya Setyaki
Keampuhan    : sorot sinarnya yang menyilaukan lawan dan mampu meremukan lawan dalam sekali pukulan
Kisah              : Arya Setyaki memiliki senjata ini yang direbut dari Patih Singa Mulanjaya, musuhnya dari negara Dwarawati sebelum menjadi milik Prabu Kresna

Namun sejatinya perang tanding antara itu dimenangkan oleh Burisrawa. Pada saat Setyaki sudah tak berdaya dan pedang Burisrawa sudah siap memenggal lehernya, ada campur tangan dari Prabu Kresna yang membuat panah Arjuna memutus lengan Burisrawa. Dendamnya kepada Burisrawa membuatnya mengabaikan sifat – sifat positif yang selama ini dihidupinya dengan membunuh Burisrawa pada saat Burisrawa tak berdaya. Setyaki mati pada perang Gada sesama keluarga Yadawa tak lama setelah perang Baratayuda selesai.
Ini merupakan sumpah Begawan Narada, Wiswamitra, dan Kanwa. Bentuk wayang dari Raden Setyaki bermata kedondongan, mulut dan hidung semada, berkumis. Berkadal-menek, berjamang dengan garuda membelakang. Bergelang, berpontoh, dan berkeroncong. Berkalung bulan sabit. Kain kerajaan lengkap. Raden Setyaki berwanda 1 Mimis, 2 Wisuna, dan 3 Kakik.
Source wayang-sukses.blogspot.co.id wayang-sukses.blogspot.co.id/2014/09/nama-nama-senjata-pusaka-pewayangan-2.html
Comments
Loading...