Rupa Wayang : Wayang Era Sekarang, Masyarakat

0 153

Sampai kapanpun wayang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Jawa. Kisah yang digelar dalam jagat pakeliran mengungkapkan perilaku watak manusia dalam perjalanannya mencapai tujuan hidup. Pemahaman terhadap cerita itu tidak semata-mata dilakukan dengan pikiran melainkan dengan seluruh cipta, rasa, karsa, tergantung kepada kedewasaan setiap individu. Masyarakat Jawa gemar mengidentifikasikan diri dengan tokoh wayang tertentu dalam melakukan perbuatan sehari-hari.

Besarnya peran wayang dalam kehidupan orang Jawa, maka tidaklah berlebihan jika wayang menjadi salah satu identitas dari manusia Jawa. Pentingnya arti wayang mendorong 17 seniman yang juga dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara Jakarta untuk memamerkan 56 karya dalam pameran bertajuk nDalang di Galeri Cipta 2, Taman Ismail Marzuki Jakarta, belum lama ini. Pameran yang menyertakan seniman kontemporer Heri Dono sebagai perupa tamu ini berupaya untuk menampilkan kebudayaan lokal yang semakin tersisih dengan derasnya serbuan budaya asing ke Indonesia.

17 seniman menggambarkan wayang pada zaman sekarang ini. Penggagas utama pameran Ananta O’Edan mengatakan, proses persiapan pameran dilakukan selama setahun. Kurasi karya yang dilakukan bersama dengan kurator Kuss Indarto dilakukan secara intens dengan tujuan untuk memberikan pameran yang berkualitas kepada para pencinta seni.

Awalnya kami hanya ingin membuat pameran karya di atas kertas dengan pensil saja, tetapi setelah diskusi [dengan kurator] kami berpikir untuk tidak

Source kalimantan.bisnis.com kalimantan.bisnis.com/read/20171202/466/714452/seni-rupa-wayang-era-sekarang
Comments
Loading...