Sabet Wayang : Ragam Gerak Bermacam Binatang

0 273

Untuk menampilkan solah binatang berpedoman pada bentuk dan wataknya wayang. Adapun sebagai perkiraan jenis gerak binatang tersebut adalah sebagai berikut, contoh ragam gerak gajah apabila sedang mengamuk yaitu bergerak tidak karuan arahnya (mobat-mabit), menginjak (nujah), mengenakan gadingnya (nggadhing), membelai, membanting dan melempar atau membuang dengan menggunakan belalainya. Ragam gerak harimau di antaranya adalah gerak bergeram dengan suara gurau (nggereng), mengaung dan mencakar-cakar tanah, menyahut dan menyambar, mencakar, meloncat, menerkam, menggigit dan membawa lari (nggondhol).

Ragam gerak kuda yaitu meringkik, bersin (nggamber), menginjak (nujah), menyepak (nylenthik), menggigit khusus kuda (mbrakot). Ragam gerak ular atau naga yaitu berkotek (ngakak), menyemburkan bisa (nyembur), membelit, menyambuk menggunakan ekornya, menggigit, menelan. Ragam gerak burung pada umumnya pada saat terbang. Ragam tersebut di antaranya adalah gerak melayang-layang, meluncur, terbang, menyambar, menelabung dengan sayapnya, mencocok dengan paruhnya atau (matuk,nyucuk), mancakar, mencekeram dan membawa terbang (nggondhol).

Ragam gerak hewan bertanduk, misalnya Banteng. Adapun ragam geraknya adalah menghatam lawan dengan mengenakan kepalanya (nyruduk), mengenakan tanduknya (nyundang), menendang lawan, menginjak-injak, menghasut-hasutkan kepalanya ke tanah atau kepada tumbuh-tumbuhan sekitarnya (krida). Gerak untuk jenis wayang perampogan tidak terlalu banyak, karena melihat kondisi boneka wayang. Gerak wayang perampogan di antaranya adalah bergetar (geter), membunyikan dentuman (uluk-uluk kalantaka), menggempur, membuang, meraih, menginjak-injak, mendesak, menerobos. 

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_11/Pedalangan_Jilid_2_Kelas_11_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...