Sekar Budaya Nusantara : Kegiatan yang Dilaksana SBN

0 180

Kegiatan yang dilaksanakan SBN

  1. Wayang orang Sekar Budaya Nusantara ternyata menjadi salah satu acara yang menyebabkan TVRI mendapat penghargaan dari Pemerintah sebagai Media Layar Kaca yang mampu memberikan Sajian Budaya terbaik. pada bulan januari sampai mei 2004, dilaksanakan produksi cinematografi wayang orang sebanyak 6 episode, yang seluruhnya juga telah mendapat Hak Cipta dari Pemerintah.
  2. Selain produksi sinematografi wayang orang, Sekar Budaya Nusantara (SBN) juga melakukan kegiatan “Live Show” wayang orang di Gedung Kesenian Jakarta, dengan tujuan agar penampilan para seniman wayang lebih maksimal karena “durasi” yang tersedia cukup leluasa dibanding pada pagelaran melalui media layar kaca. Kegiatan ini digelar juga atas permintaan para pengemar di Jakarta yang cukup banyak dan menhendaki sajian langsung yang dapat melibatkan secara interaktif antara penonton dengan para pemainnya. Kegiatan live show ini telah dilaksanakan pada tanggal 7 februari 2004 dengan cerita Talirasa-Rasatali, dan tanggal 9 april 2004 dengan cerita Arjuna Kembar. Pada tanggal 11 Juli 2004 dengan sajian Drama Tari Anak-anak dengan cerita Menyambut Mentari pagi dalam rangka hari Anak Nasional. Setiap Pagelaran Wayang Orang Live Show selalu melibatkan Diklat dan Karawitan sebagai acara pembuka.
  3. Pada tanggal 13 februari 2004 telah diadakan kerjasama dengan Pemda Jawa Tengah dalam mengembangkan dan melestarikan budaya tradisional khususnya Jawa Tengah, Dalam kesepakatan tersebut Gubernur Jawa Tengah mengharapkan pada tahun 2004.
Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=554
Comments
Loading...