Sekar Budaya Nusantara : Kegiatan yang Dilaksana

0 162

Kegiatan yang dilaksanakan

  1. Pada masa awal saat  Sekar Budaya Nusantara masih berupa “embrio”, yaitu sekitar bulan Juni 2002, orientasi kegiatan masih terbatas pada pemahaman atas “life cycle” kegiatan “tobong” yaitu organisasi Wayang Orang Bharata, Wayang Orang Sri Wedari, Wayang Orang Ngesti Pandhawa, dan lainnya. Keterlibatan kegiatan Sekar Budaya Nusantara yang masih embrio lebih banyak pada “data colecting” sebagai bahan untuk melangkah menjadi salah satu lembaga terdepan yang peduli terhadap budaya asli bangsa Indonesia.
  2. Pada bulan September 2002, bersama Senawangi, Sekar Budaya Nusantara mempergelarkan seni pertunjukan panggung wayang orang di TVRI station Pusat Jakarta dengan formatnya yang dikemas dengan memanfaatkan teknologi cinematografi. Kegiatan ini berjalan sampai Desember 2002 dan menghasilkan 4 episode yang kesemuanya telah mendapat Hak Cipta dari Departemen Kehakiman dan HAM Republik Indonesia. 
  3. Pada sepanjang Januari sampai Desember 2003, Sekar Budaya Nusantara memberanikan diri untuk berkarya nyata dalam sosialisasi budaya tradisional dengan langsung mengadakan kontrak kerjasama pagelaran wayang orang di TVRI sebanyak 23 episode. Produk sinematografi wayang orang ini lebih disempurnakan formatnya dibanding 2002. Sekar Budaya Nusantara juga berhasil menampilkan wayang orang Kraton Yogyakarta dalam format yang  berbeda dan jenis-jenis seni tradisional daerah lainnya yang ditata ulang agar mampu memenuhi perkembangan selera masyarakat saat ini. Produk cinematografi wayang orang inipun telah seluruhnya memperoleh Hak Cipta Pemerintah.
Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=554
Comments
Loading...