Sekar Budaya Nusantara : Ketahanan Bangsa (Wayang)

0 218

Pada bulan Juni  2007 diadakan sarasehan bertemakan Meniti Masa Depan Budaya Bangsa yang sebulan kemudian dilanjutkan dengan Sarasehan Dirjen Pothan (Prof. Dr. Budi Susilo Supandji) yang membahas pentingnya upaya bela negara dengan mengedepankan perlunya ketahanan budaya. Lahirlah sebuah konsep yang ditawarkan oleh SBN yang disebut dengan Total Defence Through Culturesyang sasarannya adalah “melalui budaya kita gali jatidiri kita yang sempat hilang”.

Nilai estetika, etika dan filosofi yang terkandung dalam setiap budaya masyarakat Indonesia, dilestarikan dan dimanfaatkan untuk memperkuat potensi ketahanan bangsa, dan selalu harus dikembangkan agar menjadi nilai-nilai baru dan selalu bermanfaat di setiap perkembangan jaman. Saat ini kita tengah menyaksikan fenomena degradasi bahkan hilangnya identitas keindonesiaan, terutama identitas budaya dan wawasan kebangsaan yang pernah kita miliki sebagai pemersatu orientasi dan cita-cita bangsa.

Situasi ini bila berlanjut sangat rawan bagi Indonesia dalam mempertahankan jati dirinya dari pengaruh internal dan global. Oleh karena itu, berbagai potensi ketahanan harus digali untuk membangun kembali kemampuan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan mandiri. Kalau dari sisi ekonomi dan sistim persenjataan kita tidak mampu mengimbangi, maka sisi kebudayaanlah yang merupakan satu-satunya potensi ketahanan bangsa Indonesia yang masih bisa diharapkan. Kearifan budaya orisinal bangsa Indonesia, dapat menjadi roh untuk mengakulturasi, mengasimilasi dan menyintesa faham wayang.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?page_id=520
Comments
Loading...