Sekar Budaya Nusantara : Local Wisdom (Wayang)

0 194

Guna memantapkan langkah meniti masa depan budaya bangsa perhatian SBN kemudian tercurah kepada usaha penggalian local wisdom dari berbagai aspek budaya di berbagai daerah di Indonesia sejak 2008-2010. Maka diundanglah seorang pakar dari UGM yaitu Bapak Prof. Dr. Ahimsa untuk mandhegani (memimpin) komunitas diskusi Kearifan Lokal SBN.  Diskusi ini  mampu merancang sebuah konsep pengelolaan dan implementasi kearifan lokal (terutama yang bersumber dari seni) untuk disampaikan sebagai konsep kepada pemerintah dalam rangka pembentukan karakter dan jatidiri bangsa.

Salah satu implementasi  penggalian local wisdom yang dirancang SBN adalah “ndandani” performance  secara kreatif kesenian unggulan  daerah agar tampil menjadi ikon daerah yang lebih berbobot dan modern, sehingga diminati oleh generasi muda dan mendapatkan apresiasi masyarakat secara nasional dan internasional, yang akhirnya mampu  memberikan  stimulan berbagai aspek kehidupan yang lain seperti pariwisata, ekonomi, dll. Sebagai pilot projek telah dilakukan Revitalisasi dan Pencintraan Kembali seperti Tari Kethek Ogleng dari Kabupaten Wonogiri.

Usaha itu untuk membangun kembali citra visual Tari Kethek Ogleng Wonogiri agar sesuai dengan karakter, metaphor, dan symbol-simbol nilai budaya masyarakat Wonogiri itu sendiri. Selain  itu SBN dengan ahli-ahlinya mendampingi seniman setempat untuk menciptakan format baru (kemasan baru) tari Kethek Ogleng Wonogiri agar sesuai dengan kaidah-kaidah seni pertunjukan kontemporer namun tidak meninggalkan ciri khas ketradisionalannya.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?page_id=520
Comments
Loading...