Sekar Budaya Nusantara : Paguyuban Sekar Budaya Nusantara

0 184

Sekar Budaya Nusantara adalah suatu wadah yang berbentuk Paguyuban, yang menghimpun para budayawan, pengamat dan peminat budaya dan juga pelaku budaya atau seniman yang mempunyai visi dan minat dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di Indonesia. Pada tahun 2002-2004 kegiatan Sekar Budaya Nusantara lebih terfokus pada kegiatan rekaman dan siaran di TVRI. 2005-2010 mulai melakukan pergelaran secara live show dan pergelaran road show di daerah-daerah.

Selain itu juga melakukan kegiatan budaya yang lain seperti pengkajian, jelajah budaya, bawaraos, kerjasama dll. Apresiasi masyarakat terhadap SBN semakin berkembang. Banyak pula pribadi dan lembaga budaya yang terlibat dalam gerakan budaya yang dicetuskan oleh SBN. Diantara para pendukung dan pemerhati tumbuh roh kebersamaan, jiwa keguyuban dan ikatan batin sudah mengakar begitu kuat. Pendekatan keanggotaan dalam wadah Sekar Budaya Nusantara adalah secara personal, namun tidak tertutup kemungkinan secara kelembagaan, seperti asosiasi, sanggar dan lainnya dalam bentuk jalinan kerja sama sebagai Mitra SBN.

Keanggotaan pendukung Paguyuban Sekar Budaya Nusantara adalah bersifat perorangan meskipun yang bersangkutan telah menjabat atau mempunyai tugas di organisasi lain, baik di Pemerintahan maupun di Swasta. Ikatan diantara para anggota Sekar Budaya Nusantara adalah kesamaan visi dan misi masing-masing dan diantaranya mereka saling menyadari bahwa dengan penggabungan kemampuan dan profesionalisme dari setiap anggota.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?page_id=43
Comments
Loading...