Sekar Budaya Nusantara : PT. Sekar Budaya Nusantara

0 211

Guna melaksanakan visi dan misinya sebagai paguyuban dan mampu membiayai dirinya sendiri, perlu dibentuk lembaga berbadan hukum dengan nama PT. Sekar Budaya Nusantara. Lembaga ini sejak awal secara resmi mewakili paguyuban Sekar Budaya Nusantara untuk kegiatan yang memerlukan persyaratan administrasi legal-formal. Terutama sejak dijalin  MOU dengan TVRI dalam upaya mensosialisasikan teater tradisi wayang orang dengan lebih modern dan difahami oleh masyarakat.

Sebagai konsekuensi adanya kerjasama SBN dan TVRI maka SBN berstatus sebagai PT. Status PT dimanfaatkan pula untuk pengelolaan produksi VCD dan DVD Wayang Orang/ Matra serta untuk penerbitan majalah budaya Bende dan penerbitan buku-buku SBN. Seluruh biaya pergelaran maupun  live show diawali dengan biaya sendiri sehingga modal PT SBN adalah modal pribadi dan sampai sekarang belum pernah ada keuntungan. Setiap dana pergelaran yang diterima dari pihak lain dipertanggungjawabkan habis, bahkan SBN selalu tombok.

Termasuk biaya untuk kegiatan berupa pergelaran, ceramah, diskusi, jelajah budaya, bawa raos dll. Satu-satunya bantuan yang pernah diterima adalah dana hibah dari Pemda Jawa Tengah.  Sejak tahun 2004 SBN  mendapatkan bantuan dana hibah dalam rangka “ndandani” kebudayaan yang menjadi identitas Jawa Tengah, ketika yang menjabat Gubernur Jawa Tengah adalah Bapak Drs. H. Mardiyanto. Bantuan dana hibah  tersebut berakhir sampai dengan tahun 2011 di bawah pimpinan Gubernur Bibit Waluyo.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?page_id=43
Comments
Loading...