Sekolah Dalang : Cahyo Sumirat, Pusat Pendidikan Dalang

0 192

Cahyo Sumirat, sebuah sanggar seni kecil yang berada di Dukuh Pangkat Desa Purwosari Kecamatan Blora Kota yang kini giat mendidik dalang-dalang cilik untuk menjadi generasi penerus dunia pedalangan wayang kulit di Kabupaten Blora. Dibawah bimbingan Ki Nuryanto, sanggar seni Cahyo Sumirat yang berdiri sejak tahun 2012 ini tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga kini telah memiliki anak didik para dalang-dalang cilik sebanyak 15 orang, dalang dewasa 3 orang, bahkan hingga sinden cilik 2 orang.

Awalnya saya tidak ada niatan untuk mendirikan sanggar pedalangan untuk belajar memainkan wayang. Namun pada tahun 2012 ada seorang dalang cilik yang meminta saya untuk mengajari bermain wayang. Mungkin karena anak ini cocok dan merasa nyaman saya ajari, sehingga teman-temannya pun ikut bergabung. Dari situlah akhirnya banyak masukan agar saya mendirikan sebuah sanggar pedalangan yang akhirnya diberi nama Cahyo Sumirat

Jelas Ki Nuryanto. Menurutnya belajar “ndalang” bagi anak-anak bukan hanya bagaimana memainkan wayang yang baik. Menjadi seorang dalang, apalagi bagi anak-anak harus terlebih dahulu mengenali tokoh-tokoh wayang, menguasai berbagai cerita atau lakon pewayangan. Serta yang tidak kalah penting adalah mengenali iringan gamelan dalam pementasan wayang kulit.

Saat belajar di Cahyo Sumirat, semua dalang-dalang cilik tidak hanya saya ajari tentang materi pewayangan. Namun juga seni karawitan serta gending-gending jawa yang dijadikan iringan.

Source infoblora.com infoblora.com/2015/12/hebat-cahyo-sumirat-pusat-pendidikan.html
Comments
Loading...