Sekolah Dalang : Habirandha, Sekolah Khusus Dalang

0 257

Sekolah dalang Habirandha yang termasuk khusus tersebut. Namun sayang sekolah non formal ini tidak didaftarkan sebagai sekolah yang mendapat perlindungan dan fasilitas dari pemerintah. Sehingga untuk keberadaan dan eksistensi sekolah tersebut sangat terbatas. Yakni hanya mengandalkan uang pembayaran dari siswa sebesar Rp. 20.000per bulan dan juga bantuan dari Kasultanan YogyakartaSekolah ini berlokasi tidak jauh dari keraton Yogyakarta yakni di Jalan Rotowijayan No. 1 Yogyakarta sejalan dengan arah ke Museum Kereta Keraton Yogyakarta.

Keberadaan Sekolah dalang ini berdiri tahun 1925 atas inisiatif Kanjeng raden Tumenggung (KRT) Djadipura dengan dukungan penuh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII.  Dengan Susunan pengurus waktu itu adalah RM Rija Gadaatmaja sebagai ketua, KRT Djajadipura sebagai sekretaris R. Rudjito sebagai bendhara sedangkan GPH Tejakusuma dan BPH Suryaningrat pada bagian umum. Awalnya sekolah Habirandha ini bernama Pawiyatan Pedhalangan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Habirandha.

Tujuan pendirian sekolah ini adalah untuk menjaga seni pertunjukan wayang dari kepunahan dan dipegang hingga saat ini secara konsisten untuk dicapai. Pada pembelajaran tingkat pertama para siswa yakni mayang atau memainkan wayang, namun seiring perkembangan ditambah dengan materi lain yang meliputi teknik teknik dasar pedalangan. Materi tersebut antara lain Cepengan atau metode memegang wayang kulit, sabetan yakni tekni manipulasi yang biasanya dilakukan dalam adegan perang.

Source yogyakarta.panduanwisata.id yogyakarta.panduanwisata.id/daerah-istimewa-yogyakarta/sekolah-dalang-habirandha-pencetak-profesionalisme-budaya-dan-seni
Comments
Loading...