Sekolah Dalang : SMKN 12 Surabaya, Satu-satunya

0 203

Seni pedalangan harus dilestarikan. Itulah komitmen SMKN 12 Surabaya. Sekolah di kawasan Jalan Siwalankerto tersebut menjadi satu-satunya sekolah di Jawa Timur yang mengajarkan cara mendalang. Ike Nur Kumalasari lincah menggerakkan dua wayang dengan tangan kanan dan kirinya. Di tangan kanan perempuan berusia 16 tahun itu ada wayang Patih Handanayuda dari Negara Purwacarita. Di tangan kirinya ada Patih Bramangkara dari Negara Sunggelamanik.

Sebelumnya, perempuan yang duduk di bangku kelas X SMKN 12 itu memukul cempolo sebagai tanda dimulainya pertunjukan. Kakinya aktif memukul keprak. Ike merupakan salah seorang siswa yang ingin belajar menjadi dalang. Karena itu, dia rajin berlatih. Kepala Kompetensi Seni Pedalangan SMKN 12 Supriyono menyatakan, pembelajaran seni pedalangan di SMKN 12 bersifat multikultur. Artinya, tidak hanya mengajarkan satu gaya seni pedalangan Jawa Timuran, melainkan juga pedalangan Surakarta. Secara umum, kata dia, tidak ada yang berbeda antara dua gaya seni pedalangan itu. Hanya, ada sedikit karakter yang tidak sama. Jika gaya Surakarta lebih kalem, gaya Jawa Timuran memiliki teknik pukulan kendang yang lebih kuat.

Di sini siswa diajari mendalang semalam suntuk

Katanya. Untuk bisa mendalang, siswa diajari tiga hal dasar. Yakni, cara memegang wayang, dasar vokal, serta dasar dialog. Dasar-dasar itu wajib diketahui mereka.

Kalau sudah mampu, bisa berkreasi. Jadi, tidak ngawur. Ada teorinya

Tutur Ike.

Source jawapos.com jawapos.com/read/2017/01/31/106294/satu-satunya-sekolah-di-jatim-yang-mengajarkan-seni-pedalangan
Comments
Loading...