Sena Wangi : Dr. Sri Teddy Rusdy, SH., M.Hum, Ketua

0 65

Sri Teddy Rusdy (STR) adalah pendiri dan Ketua Umum Yayasan Kertagama yang bertujuan mengembangkan pemikiran tradisi-budaya Nusantara. Pernah menjadi kolomnis di majalah Matra dan aktif mengikuti serta mengisi berbagai pertemuan budaya di lingkup nasional maupun internasional. Sri sambil menjalankan Yayasan Kertagama menulis kreasi baru cerita-cerita wayang dan duduk sebagai Ketua Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi), Anggota Dewan Penasehat Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi), Pendiri sekaligus Pembina Paguyuban Wayang Orang Wanita Sekar Pudak dan anggota Dewan Pembina SNKI (Sekretariat Nasional Keris Indonesia).

Sri Teddy Rusdy melakukan penelitian tentang ajaran Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu dikaitkan dengan pembangunan karakter bangsa, yang kemudian mengantarkan Ketua Umum Yayasan Kertagama ini meraih gelar doktor pada Program Studi Ilmu Filsafat Faluktas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 15 Agustus 2015 lalu. Penelitian Sri Teddy sampai pada kesimpulan bahwa Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu merupakan ilmu ketuhanan yang berisi untuk menyelamatkan dunia.

Ajaran Sastra Jendra memuat nilai-nilai religi, ‘sangkaning dumadi’, ‘paraning dumadi’, ‘memayu hayuning bawana’, dan ‘manunggaling kawula klawan Gusti’ yang bersumber dari falsafah Jawa. Selain itu, ada dimensi aksiologis pada ajaran Sastra Jendra, mencakup kandungan nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian: kebenaran, keindahan, kebaikan, dan religi. Relevansi dimensi aksiologis ajaran Sastra Jendra bagi pembangunan karakter bangsa, menurut Sri.

Source senawangi.com senawangi.com/sri-teddy-rusdy
Comments
Loading...