Sena Wangi : Ekotjipto, Wakil Ketua Umum Senawangi

0 29

Ekotjiptolahir di Trenggalek pada tanggal 28 Oktober 1940. Beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Jendral Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) pada masa bakti 1993 -1998. Selain itu ia juga pernah menjabat Wakil Ketua Umum Senawangi pada tahun 1998-2003. Sarjana Hukum lulusan Universitas Gajah Mada ini terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat dari tahun 2003 sampai 2015. Ekotjipto belajar mendalang sejak masa sekolah di SMA Surabaya.

Waktu Ia kuliah di Yogyakarta, pengetahuan pedalangannya makin matang karena berguru pada Ki Nartosabdo, dalang idolanya. Walau hanya sebatas hobby/non professional Ekotjipto sering kali mendalang semalam suntuk di berbagai wilayah Indonesia, dimana ia bertugas. Yang paling berkesan bagi lulusan Kursus Reguler Lemhanas angkatan XVII 1984 ini adalah ketika mendalang di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) dan ketika mendalang pada malam tahun baru 1979 di kantor Bank Indonesia.

Penerima penghargaan Presiden RI Satya Lencana Kebudayaan (1995) ini meniti karier di Bank Indonesia selama 32 tahun dan pernah menjabat sebagai Kepala Urusan Sumber Daya Manusia Bank Indonesia dan Direktur Bidang Pengawasan Bank. Hubungan dan jaringannya yang luas berhasil meyakinkan dan menggandeng berbagai sponsor swasta mendukung kegiatan pedalangan dan pewayangan. Ketika menjabat sebagai Ketua Umum Pepadi Pusat Ia giat melakukan konsolidasi organisasi Pepadi dengan melakukan pembinaan pada tidak kurang 22 Komisariat Provinsi dan ratusan Komisariat Daerah Kabupaten/kota Pepadi.

Source senawangi.com senawangi.com/ekotjipto
Comments
Loading...