wayangku.id

Sena Wangi : Kegiatan Sena Wangi (Organisasi, Litbang)

0 8

Organisasi : 

  1. Melakukan peningkatan kinerja organisasi dan pengurus dalam melaksanakan tugas-tugasnya
  2. Menjalin kerjasama yang erat dan efektif dengan lembaga dan instansi pemerintah dan swasta serta perorangan, baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain dengan menyelenggarakan mutra wayang.

Penelitian dan Pengembangan

  1. Melakukan penelitian terhadap kritik wayang, Filsafat Wayang, serta pengembangan wayang sesuai dengan tantangan zaman.
  2. Pengembangan wayang klasik serta wayang kreasi baru
  3. Pelestarian dan pengembangan wayang langka.

Dokumentasi dan Informasi Wayang

  1. Melakukan penelitian dan pendokumetasian semua jenis wayang yang ada di Indonesia;yang diperkirakan lebih dari 100 jenis wayang.
  2. Pengembangan PDWI (Pusat Data Wayang Indonesia) sebagai pusat data multimedia yang memiliki jaringan nasional dan global, yang berisi informasi wayang dalam semua aspeknya.

Penerbitan

Melakukan penerbitan buku-buku wayang, antara lain Ensiklopedi Wayang Indonesia (EWI), jurnal wayang, majalah wayang “CEMPALA”, program siaran televisi, dll.

Apresiasi Wayang

  1. Mendorong berbagai organisasi pewayangan, terutama PEPADI (Persatuan Pedalangan Indonesia), sanggar-sanggar, lembaga dan instansi seni pewayangan untuk mengembangkan dan sosialisasi wayang.
  2. Menyelenggarakan acara gelar wayang secara periodik: pekan wayang lima tahun sekali, berbagai festival dan gelar wayang setiap tahunnya
  3. Menyelenggarakan pergelaran wayang dalam kemasan khusus (kemasan untuk program TV, format film, video, dan sebagainya)

Kerjasama Internasional

Memprakarsai dan mendorong terbentuknya Asosiasi Wayang ASEAN (ASEAN Puppetry Association) sebagai wujud kerjasama 

Source senawangi.com senawangi.com/program-dan-kegiatan
Comments
Loading...