Sena Wangi : Pakar Wayang Teguh Supriyanto, Banyumas

0 233

Teguh Supriyanto lahir di Banyumas pada hari Sabtu Pon atau tanggal 7 Januari 1961. Ia adalah anak pertama pasangan R.Tarsan Soedibjo dengan Rr. Mas’ah Soedibjo. Dari darah ayahnya adalah keturunan ke 13 Sultan Hadiwijaya di Pajang sedangkan dari darah neneknya keturunan Yudonegoro II cicit Sultan Amangkurat Agung di Mataram. Oleh karena itu semasa kecil sudah mulai dikenalkan cerita wayang terutama buku Baratayudha dan Mahabarata dalam keluarga.

Bahkan salah satu keluarga kakeknya mempunyai seperangkat gamelan dan wayang sehingga sejak kecil suka menonton wayang. Semasa di SDN II Danaraja, Purwonegoro Banjarnegara Teguh suka sekali menggambar wayang di kardus sehingga ketika di kelas 5 sudah mempunyai wayang kardus sekotak yang sebagian besar buatan Teguh sendiri. Th 1972 Teguh tamat sekolah dasar dan melanjutkan studi di SMP Mandiraja hingga 1975. Selanjutnya melanjutkan studi di SPG N Banjarnegara dan tamat 1979.

Sempat mengajar sebagai pegawai negeri selama 2 tahun selanjutnya melanjutkan studi di Jurusan Sastra Daerah (Sastra Jawa) Universitas Sebelas Maret Surakarta dan lulus sebagai sarjana sastra tahun 1986. Pada masa studi di UNS itulah Teguh menemukan kembali hobinya mendalang dan banyak buku-buku teks Jawa Kuno yang dibacanya semasa studi di S1 dan sering mengikuti acara bulanan Rebo Legen di Natadiningratan tempat dalang kondang tersebut. Ia sering berdiskusi dengan dalang kondang Ki H Anom.

Source senawangi.com senawangi.com/pdwi/teguh-supriyanto
Comments
Loading...