wayangku.id

Sena Wangi : Penghargaan Unesco, Lembaga PBB

0 9

UnescoProklamasi karya-karya agung warisan lisan tak benda manusia. Unesco (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) adalah salah satu lembaga Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan dunia. Kantor pusat Unesco di Paris, Perancis. Bagian warisan Tak Benda Unesco dipimpin oleh M. Noriko Aikawa. Unesco memiliki kantor perwakilan di Jakarta, di jalan Galuh II No.5 Kebayoran Baru. Mr. Philipe Delanghe memimpin bagian budaya di kantor Unesco Jakarta.

Konvensi 1972 Unesco mengenai Warisan Budaya dan Alam Dunia hanya mencakup warisan benda seperti monument, situs budaya dan pemandangan alam. Masyarakat dunia semakin menyadari pentingnya warisan lisan tak benda sebagai jati diri, kreativitas, serta pelestarian keanekaragaman budaya manusia. Warisan budaya tak benda yang sangat berharga ini semakin terdesak oleh berbagai sebab seperti globalisasi, konflik bersenjata, kerusakan lingkungan dan sebagainya.

Pada tahun 1989, Unesco mengusulkan Perlindungan Warisan Budaya Tradisional. Kemudian Sidang Pleno Unesco ke-29 pada bulan Nopember 1997 menyetujui Resolusi No. 29 yang menetapkan Peraturan mengenai Proklamasi Karya-karya Agung Lisan Tak Benda Warisan Manusia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh Unesco, dengan tujuan,

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap nilai warisan budaya tak benda
  2. Mengevaluasi dan mendaftar situs dan warisan budaya tak benda
  3. Membangkitkan semangat pemerintah Negara supaya mengambil tindakan-tindakan hukum.
Source senawangi.com senawangi.com/penghargaan-unesco
Comments
Loading...