Sena Wangi : Sena Wangi Apresiasi Penetapan Wayang

0 134

Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Sena Wangi) menyambut positif terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional. Dalam Keppres tersebut Hari Wayang Nasional ditetapkan sebagai peringatan nasional setiap 7 November.

Atas nama pengurus Sena Wangi dan keluarga besar perwayangan di seluruh Indonesia menyambut sangat gembira dan antusias untuk merayakan peringatan Hari Wayang Nasional. Ini sebagai dasar legitimasi dan perhatian pemerintah kepada kegiatan perwayangan

kata Ketua Umum Sena Wangi Suparmin Sunjoyo. Menurutnya, Keppres yang diteken 17 Desember lalu oleh Presiden Jokowi itu merupakan momentum penting untuk gerakan nasional pelestarian wayang. Kesenian wayang, lanjutnya, merupakan sarana kebudayaan penting untuk sosialisasi pembangunan negara, penyaluran aspirasi masyarakat, serta pembentukan karakter dan jati diri bangsa. Sena Wangi dan sejumlah organisasi lainnya merupakan pengusul peringatan Hari Wayang Nasional. Adapun 7 November diambil bertepatan dengan diakuinya wayang sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 2003.

Penetapan ini artinya pemerintah makin memperhatikan pelestarian dan kelangsungan hidup wayang di Indonesia

ujarnya.

Source Media mediaindonesia.com/read/detail/208136-sena-wangi-apresiasi-penetapan-hari-wayang-nasional
Comments
Loading...