Sena Wangi : Senawangi Kirim Delegasi Ikut General

0 133

Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) mengirim delegasi untuk mengikuti ‘7th General Assembly’ Rapat Forum Non Governmnet Organization – Intangible Cultural Heritage (NGO – ICH), yang berlangsung di Markas UNESCO, Paris, Perancis, Senin – Selasa. Ketua Umum Senawangi, Suparmin Sunjoyo, pada kesempatan pembekalan kepada tim yang akan berangkat ke Paris menjelaskan, bahwa Senawangi telah diberi status Non-Governmental Organization (NGO), yang terakreditasi di Badan Dunia PBB-UNESCO sejak tahun 2014.

Senawangi telah melampaui berbagai pencapaian, di antaranya menerbitkan 15 buku Ensiklopedi Wayang Indonesia. Mengusahakan Wayang menjadi salah satu cabang studi baru; Filsafat Wayang, di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM), melalui penelitian selama sepuluh tahun

ujar Suparmin, kepada wartawan di kantor Senawangi Jakarta, Jum’at. Indonesia, lanjut Suparmin, juga tengah melakukan langkah-langkah memasuki tahapan menjadi tuan rumah ‘Festival Wayang Dunia’ yang akan dilaksanakan di Gianyar Bali, bulan April 2020 mendatang. Acara tersebut rencananya akan dihadiri tidak kurang dari 90 Negara.

Oleh karena itu, pada pertemuan  ‘7th General Assembly’ — di Paris tersebut, delegasi kita akan mempresentasikan apa saja yang telah dicapai dunia pewayangan kita, menyampaikan berbagai perkembangan dan apa yang akan dilakukan lebih lanjut oleh Indonesia

ujar Suparmin. ‘General Assembly’ adalah forum NGO – ICH, jaringan yang memiliki platform untuk berkomunikasi, pertukaran dan kerjasama antar organisasi penggiat budaya, yang terakreditasi oleh badan UNESCO.

Source id.beritasatu.com id.beritasatu.com/home/senawangi-kirim-delegasi-ikuti-7th-general-assembly-unesco-pbb/176346
Comments
Loading...