Seniman Karawitan : I Made Terip, Seniman Gamelan Bali

0 222

I Made Terip adalah seniman gamelan Bali yang telah melanglang buana. Ia dikenal sebagai musisi komponis musik tradisional Bali dan aktif pentas di berbagai negara. Terip bahkan pernah menjadi dosen tamu di beberapa kampus di negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang. Ia juga ahli membuat alat musik tradisional Bali, terutama rindik dan jegog—alat musik tradisional Bali yang terbuat dari bambu. Alat musik gamelan hasil karyanya menjadi koleksi museum di Swis, Austria, dan Jepang.

I Made Terip berasal dari Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Sejak masa anak-anak, ia telah mengasah bakatnya dengan bergabung dalam kelompok gamelan tari jogeg, seni tari khas Desa Munduk. Apalagi di dalam darahnya memang mengalir darah seniman. Buyut, kakek, hingga ayahnya adalah seniman tradisional Bali di Desa Munduk. Kakeknya, I Nengah Cerita, adalah penabuh kendang. Bahkan, kakek buyutnya, I Wayan Djada, adalah perbekel (kepala) Desa Munduk yang dikenal juga sebagai penulis lontar dan seniman karawitan.

Terip belajar memainkan gamelan tradisional Bali, rindik. Selain mahir menabuh rindik, Terip juga andal memainkan gamelan gender wayang dan membuat komposisi tabuh gong. Berbeda dengan rindik dari bambu, gender terbuat dari bilah-bilah logam. Terdiri atas sepuluh bilah atau lebih, alat musik ini sering dibuat sepasang sebagai pengiring pentas wayang.

Source 1001indonesia.net 1001indonesia.net/made-terip-guru-gamelan-untuk-semua-bangsa
Comments
Loading...