Seniman Wayang : Ali Marsudi, Tokoh Wayang Wong

0 375

Seorang tokoh kondang di bidang seni Wayang Wong panggung, Ali Marsudi. Pria kelahiran Blora, 5 April 1967 ini adalah praktisi seni Wayang Wong yang sekaligus bekerja di RRI Surakarta. Lulus dari STSI Surakarta, Ali Marsudi yang telah dikaruniai dua anak itu dikenal sebagai tokoh alusan dalam jagad seni Wayang Wong. Sebagai tokoh alusan, ia pernah memerankan sejumlah tokoh ksatria. Salah satu tokoh yang pernah diperankan adalah tokoh Arjuna.

Peran inilah antara lain yang mengangkat nama pria yang bermukim di Ngoro Tengah, RT 02/RW 03, Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo itu sebagai seniman mumpuni dalam jagad perwayangorangan. Berikut penuturannya mengenai kiprahnya dalam seni Wayang Orang, khususnya mengenai proses dan perjuangannya mencari dan menjadi Arjuna. Sebetulnya yang membuat image itu memang berawal dari SBN. Sebelum di SBN memang peran saya selalu alusan.

Tapi di SBN pun peran saya tidak langsung jadi Arjuna. Ibu Nani pernah menunjuk saya jadi Puntadewa dalam Pandawa Piningit, tokoh Aryaprabhu, dan bahkan dalam lakon Tali Rasa Rasa Tali malahan peran yang mbranyak. Mungkin Ibu Nani  pada waktu itu sedang menguji saya, atau memang sedang mencari casting saya yang tepat, jadi ada proses seperti itu. Dalam lakon Arjunawiwaha oleh SBN, pertama kali saya ditunjuk sebagai Arjuna. Tapi masih banyak dikritik oleh Ibu Nani misalnya.

Source sekarbudayanusantara.co.id sekarbudayanusantara.co.id/Wynk/?p=1441
Comments
Loading...