Silsilah Tokoh Wayang : Abiyasa (Silsilah Abiyasa)

0 4.713

Dewi Ambika menikah dengan Begawan Abiyasa (anak Dewi Durgandini dengan Begawan Parasara). Pernikahan ini kemudian melahirkan seorang anak yaitu Destrarasta yang nantinya menurunkan 100 orang Kurawa. Citragada menikah dengan Dewi Ambiki pun tidak punya anak. Maka, Dewi Ambiki juga menikah dengan Begawan Abiyasa. Begawan Abiyasa poligami. Dari pernikahan ini lahirlah Pandu Dewanata yang nantinya menurunkan 5 orang Pandawa.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kurawa dan Pandawa adalah saudara sekakek beda nenek. Destrarasta (hasil Abiyasa+Ambika) yang dikisahkan mengalami kebutaan kemudian menikah dengan Dewi Gendari (putri raja Kerajaan Plasajenar). Dewi Gendari ini punya adik namanya Sengkuni. Pernikahan antara Destrarasta dengan Dewi Gendari inilah yang melahirkan 100 angkara murka yaitu Kurawa. Mengapa keturunan ksatria melahirkan anak-anak yang berwatak angkara murka?.

Itu nanti akan dibahas pada seri yang lain. Pandu Dewanata (hasil Abiyasa+Ambiki) yang dikisahkan berparas tampan dan flamboyan seperti James Bond ini menikah dengan Dewi Kunti (putri Kerajaan Mandura). Karena kutukan dari dewata Pandu tidak boleh bersetubuh dengan Dewi Kunti, istrinya, atau dia akan mati. Akhirnya dengan ajian Adityaredhaya ajaran Resi Druwasa, Dewi Kunti bisa menghadirkan siapa saja yang sedang dibayangkannya. Mungkin karena seleranya tinggi dan agak nakal, akhirnya Dewi Kunti membayangkan sosok-sosok dewa, antara lain Batara Surya sang Dewa Matahari, Batara Darma si Dewa Keadilan, Bayu.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...