Silsilah Tokoh Wayang : Silsilah Cerita Wayang Jawa

0 162
Bagi sementara orang, tidaklah banyak yang mengetahui akan silsilah cerita wayang (Jawa) bermula. Bahkan bagi penggemar wayang-pun hanya sedikit yang mengetahui ataupun hanya sekilas mengenal, bahwa asal mula kisah wayang juga turun dari Nabi Adam dan Siti Khawa. Tetapi secara detail, sangat sedikit sekali orang yang betah menyelusuri hingga mentok kemana sebetulnya cerita silsilah wayang bermula. Orang lebih banyak mengetahui cerita Jaman para Pandawa – Kurawa (Mahabarata) serta Jaman Ramawijaya (Ramayana).
 
Bahkan karena majunya teknologi, cerita Mahabarata-pun mungkin saja orang banyak atau generasi masa sekarang lebih mengenal cerita Mahabarata dari film yang berasal dari India, yang tentunya banyak berbeda dari silsilah wayang Jawa. Penetrasi teknologi telah menembus dan mengkoyak tata silsilah yang pada jamannya telah dibumikan ceritanya oleh para empu pedhalangan Jawa supaya lebih kena terhadap budaya setempat dan sesuai dengan kearifan lokal.
 
Silsilah wayang Jawa perlu diketahui, tidak memisahkan antara Mahabarata dan Ramayana seperti halnya yang terjadi asalnya. Kedua cerita yang berbeda kitab dan berbeda penulis, oleh empu Jawa telah diaduk dalam satu menu cerita wayang. Dengan maksud agar alur silsilah adaptasi dari mpu Jawa terutama versi dari tlatah Banyumas, akan kami gali kembali silsilah asal mula tokoh wayang Mahabarata dan Ramayana, sebagaimana blog ini dibuat yang lebih berat wayang.
Source supraba15.blogspot.com supraba15.blogspot.com/2015/01/silsilah-wayang-jawa.html
Comments
Loading...