Silsilah Tokoh Wayang : Silsilah Keluarga Pandawa

0 170

Sebenarnya silsilah Pandawa dan Kurawa dalam epos Mahabarata dimulai sejak jaman Prabu Nahusta. Tetapi untuk lebih memudahkan, maka diputuskan untuk mengambil silsilah mulai dari Prabu Sentanu, turunan ke-8 dari Prabu Nahusta. Prabu Sentanu menikah dengan Dewi Durgandini, menghasilkan 2 orang putra yaitu Citrawiria dan Citragada. Citrawiria kemudian menikah dengan Dewi Ambika tetapi tidak berputra. Maka, Dewi Ambika menikah dengan Begawan Abiyasa (anak Dewi Durgandini dengan Begawan Parasara).

Pernikahan ini kemudian melahirkan seorang anak yaitu Destrarasta yang nantinya menurunkan 100 orang Kurawa (KB dong…KB..). Citragada menikah dengan Dewi Ambiki pun tidak punya anak. Maka, Dewi Ambiki juga menikah dengan Begawan Abiyasa. Begawan Abiyasa poligami. Dari pernikahan ini lahirlah Pandu Dewanata yang nantinya menurunkan 5 orang Pandawa (udah disuruh KB, masih ngeyel, keenakan yah?). Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kurawa dan Pandawa adalah saudara sekakek beda nenek.

Destrarasta (hasil Abiyasa+Ambika) yang dikisahkan mengalami kebutaan kemudian menikah dengan Dewi Gendari (putri raja Kerajaan Plasajenar). Dewi Gendari ini punya adik namanya Sengkuni (tokoh favoritnya politisi nih…). Pernikahan antara Destrarasta dengan Dewi Gendari inilah yang melahirkan 100 angkara murka yaitu Kurawa. Mengapa keturunan kesatria kok melahirkan anak-anak yang berwatak angkara murka? Itu nanti akan dibahas pada seri yang lain. Pandu Dewanata (hasil Abiyasa+Ambiki) yang dikisahkan berparas tampan dan flamboyan Bond.

Source kompasiana.com kompasiana.com/rendra13/cempala-silsilah-pandawa-dan-kurawa_55292b60f17e61a7458b45b8
Comments
Loading...