Silsilah Wayang : Anusasanaparwa, Kisah Menyerah

0 256
Berisikan kisah penyerahan diri Yudistira kepada Resi Bhisma untuk menerima ajarannya yang diceritakan yaitu sebagai berikut :
  • Bhisma mengajarkan tentang ajaran dharma, artha, aturan / sasana tentang berbagai upacara, kewajiban seorang raja, dan sebagainya. 
  • Akhirnya, Bhisma pun meninggal dunia dengan tenang. Makna parwa tersebut dalam sumber ilmu disebutkan yaitu :

Hendaknya kita sebagai orang tua nantinya harus mampu memberikan pencerahan-pencerahan kepada orang lain agar nantinya orang yang yang kita tinggalkan dapat dituntun dan mampu mencari jalan kebenarannya sendiri.

Krisna juga menjelaskan ‘Shiva Sahasranama’ kepada Yudistira (Dharmaraja/Dharmawangsa) dan juga memberitahunya bagaimana dia mendapatkan Jnana Advaita tertinggi (nondual pengetahuan) dari Dewa Siwa. Itu juga dijelaskan Sri khrisna, pemuja terbesar Dewa Siwa dalam Anushasan Parva dari Mahabarata ini. Dalam Sinopsis dari Anusasana Paarwa ini diceritakan sebagai berikut : Pada waktu matahari telah mencapai titik balik lintang selatan dan milai menggeser ke utara (utarayana) Krishna menyarankan agar Pandawa segera menghadap kakek Bhisma karena ia akan segera meninggalkan jasad kasarnya. 

Ditemani oleh Krishna para Pandawapun mengunjungi Bhisma. Stelah kakek Bhisma terlihat dari kejauhan, Krishna dan Pandawa turun dari kereta lalu berjalan kaki mendekati tempat kakek Bhisma terbaring

Setelah memberikan salam, terjadilah dialog antara Krishna dan Bhisma serta menjawab semua pertanyaan Yudistira.

Semua yang hadir puas

Source sejarahharirayahindu.blogspot.co.id sejarahharirayahindu.blogspot.co.id/2012/02/anusasana-parwa.html
Comments
Loading...