Silsilah Wayang : Wirathaparwa, Pandawa Keluar Hutan

0 52

Menceritakan memasuki tahun ke 13, Pandawa keluar dari hutan dan dengan menyamar mengabdi di negara Wiratha. Di Kerajaan Wiratha, Prabu Matswapati sedang bimbang karena belum mendapatkan seseorang sebagai jago Kerajaan Wiratha untuk melawan jago dari Kencarupa yaitu Rajamala. R Seta yang ditunjuk untuk mencari orang sebagai jago Wiratha belum juga muncul, padahal waktu yang ditentukan tinggal satu hari lagi. Jika sampai pada waktu yang telah ditentukan dirinya belum mendapatkan jago untuk Wiratha, itu artinya Prabu Matswapati sendiri yang akan maju ke blabar kawat sebagai jago Wiratha melawan Rajamala jago dari Kencapura.

Ditengah suasana hati Prabu Matswapati yang sedang gundah itu datanglah Raden Seta yang sudah  membawa serta seseorang yang bertubuh kekar tinggi besar yang tak lain adalah Jaka Bilawa putra Ki Jagal Walakas dari desa Pejagalan. Sang Prabu Matswapati merasa gembira karena Jaka Bilawa telah menyatakan kesanggupannya sebagai jago Wiratha. Maka segeralah berangkat  Jaka Bilawa dengan diantar oleh Raden Seta menemui Patih Kincaka Rupa dan Rupakenca.

Di tempat lain Patih Kincakarupa dan Rupakenca beserta Raden Rajamala sedang berunding menyusun rencana merebut kekuasaan Wiratha dari tangan Prabu Matswapati dengan cara adu jago manusia. Dengan cara ini Patih Kincakarupa yakin akan dapat merebut kekuasaan Wiratha dengan mengandalkan kesaktian Rajamala. Kemudian datanglah Seta & Bilawa.

Source pewayanga.blogspot.co.id pewayanga.blogspot.co.id/2013/08/wiratha-parwa.html
Comments
Loading...