Sinden Wayang : Elizabeth Karen, Orang Amerika Serikat

0 252

Elizabeth Karen, orang Amerika Serikat, memang luar biasa. Saya menyaksikan dia tampil di pergelaran wayang kulit di Sidoarjo, Jawa Timur, belum lama ini. Elizabeth Karen mengundang decak kagum ratusan penonton, termasuk beberapa pejabat lokal. Memang sulit dibayangkan, seorang wanita Amerika Serikat bisa tampil sebagai ‘orang Jawa’ di atas panggung. Begitu kentalnya penguasaan Elizabeth atas tembang dan tarian Jawa, orang tak mengira kalau dia orang AS, tepatnya Chicago.

Hanya, postur tubuhnya, bentuk hidung, rambut pirang–apalagi di-close up di sirkuit televisi–orang akhirnya sadar bahwa Elizabeth bukan perempuan Jawa. Fisiknya memang Barat, tapi penjiwaan terhadap seni tradisi Jawa, wah… luar biasa.

Coba kalau kita nggak lihat dia main, tapi dengar suaranya saja di kaset atau radio, pasti kita menyangka dia itu orang Jawa

puji Wahyuni, seorang penonton. Bagaimana Elizabeth Karen bisa menjadi seniman tradisi Jawa?

Ceritanya panjang. Hehehe…,

katanya kepada saya.

Saya sudah tertarik dengan budaya, kesenian Jawa, sudah lamaaaaa sekali. Pokoke wis lama banget. (Pokoknya, sudah lama sekali

Dia berbicara dalam bahasa Indonesia logat jawa timuran. Beda sekali dengan logat anak-anak muda sekarang yang meniru aksen betawi ala artis sinetron di televisi. Elizabeth pun sangat peka terhadap ‘rasa’ bahasa Jawa. Bahasa ngoko, kromo madya, kromo inggil dia kuasai dengan baik.

Source hurek.blogspot.com hurek.blogspot.com/2006/09/elizabeth-karen-sinden-from-usa.html
Comments
Loading...