Sinden Wayang : Mambaul Khasanah, Juara Sinden Idol

0 185

Mambaul Khasanah, juara Sinden Idol 2016 di Semarang, menyambut gembira penyelenggaraan Ratu Sinden Nasional 2017

Kompetisi yang sehat sangat dibutuhkan oleh pesinden yang memang ingin maju

kata U’ul, panggilan akrabnya. Jika tidak ada halangan, lanjutnya, dia siap ikut bertarung dalam Ratu Sinden Nasional 2017. Menurut U’ul –yang sering diajak manggung oleh dalang top Ki Manteb Soedarsono dan Ki Purbo Asmoro– sinden juga membutuhkan publikasi untuk dikenal banyak orang.

Tidak gampang menjadi seorang sinden yang beneran. Saya sendiri belajar nyinden sejak di kelas 5 SD

tutur U’ul yang kini mahasiswa pasca sarjana pendidikan seni di UNS Solo inI. Kriteria Penilaian. Panitia mensyaratkan peserta adalah perempuan WNI dengan usia 17-45 tahun, sehat jasmani dan rohani. Sifat pertandingannya adalah sinden tunggal (perorangan). Untuk materi gendhing semifinal (pilihan wajib) Dhandhanggula Subasiti l(aras Slendro pathet sanga), Dhandhanggula Maskentar (laras Pelog pathet nem) yang dibawakan dalam 1 rambahan.

Sedangkan untuk grandfinal, pilihan wajibnya adalah Jineman Ulerkambang (laras Slendro pathet sanga), dan Jineman Ulerkambang (laras Pelog pathet nem/ ato pathet barang). Sedangkan pilihan bebasnya Uran-uran macapat Sinom grandhel (laras Slendro pathet sanga), Sinom Logondhang (laras Pelog pathet lima atau pathet barang). Untuk Jineman Uler kambang masing-masing 1 kaki rambahan, dengan irama lamba dan rangkep B. Sedangkan untuk uran-uran Sinom dibawakan 1 kali bait atau ‘podo’. 

Source CoWasJP cowasjp.com/read/1867/20170107/091002/demi-mendongkrak-gengsi-dan-popularitas-ribuan-sinden
Comments
Loading...