Sinden Wayang : Nyi Sylvie Chantriaux, Sinden Perancis

0 192

Nyi Sylvie Chantriaux yang separuh Prancis dan separuh Indonesia adalah contoh orang asing yang mau belajar budaya Indonesia. Sylvie tujuh tahun belajar gamelan dari seorang guru besar gamelan di Institut Seni Indonesia Surakarta. Ia juga bermain dengan beberapa kelompok gamelan amatir dan profesional. Dengan diiringi oleh kelompok karawitan Redi Waluyo pimpinan Ni Wati, ia tampil memukau di hadapan ratusan undangan yang hadir.

Luar biasa! Saya sangat bangga!

demikian komentar seorang ibu ketika menyalami para pesinden di akhir acara. Festival Sinden Internasional 2009 merupakan buah pemikiran Bapak H. Harmoko, yang kemudian menjadi program utama Yayasan Kertagama tahun ini. Dengan ditandai penyampaian penghargaan kepada Alm. Nyi Tjondroloekito, Nyi Ngatirah dan Nyi Supadmi, festival ini memberikan warna tersendiri di dalam percaturan maupun sejarah perjalanan seni tradisi Indonesia. Sebagai sebuah peristiwa budaya, FSI 2009 menjadi simbol kesejatian, persahabatan dan perdamaian dunia, sekaligus membuktikan peranan budaya Indonesia dalam percaturan internasional.

Dalam kata pengantarnya, Bapak H. Sudwikatmono – Ketua Dewan Pembina Yayasan Kertagama – mengatakan bahwa festival ini menengarai terangkatnya seni Sinden untuk dinikmati lebih luas lagi sampai ke dunia internasional.

Profesi seorang Widu Pangidung atau seorang Pesinden sungguh mulia. Akan tetapi, sayangnya pada saat ini masih banyak para orang tua yang enggan bahkan melarang anak perempuannya untuk memasuki sekolah.

Source et.klipingsastra.com et.klipingsastra.com/2009/05/perempuan-berkacamata-dan-berbusana.html
Comments
Loading...